Senin, 19 September 2011

Resume KSI part II



Tugas :  Resume KSI part 2
Nama : Fandi Ahmad
NIM : 10-41010-0136
Dosen : Siswo Martono, S.Kom., M.M

  1.  Sistem Informasi Strategis adalah sistem yang membantu perusahaan mendapatkan keunggulan kompetitif melalui kontribusinya pada tujuan strategis perusahaan dan atau kemampuanya untuk secara significant meningkatkan kinerja atau produktifitas.
  2. Strategi Kompetitif 

    • Mengunci Pelanggan dan Pemasok (Locking-In Customers and Supplier) : Membangun hubungan yang bernilai dgn pelangan,pemasok dan mitra bisnis.
    • Membangun Biaya Berpindah (Switching Cost) : Melakukan investasi dalam TI utk meningkatkan operasi atau menyebaran inovasi
    • Meningkatkan Halangan Masuk (Barriers to Entry) : Meningkatkan biaya investasi atau kerumitan TI yang dibutuhkan utk bersaing dalam industri atau segmen pasar
    • Mendorong Investasi dalam TI : Mengembangkan berbagai produk dan jasa baru yang tidak akan mungkin dihasilkan tanpa kemampuan TI yang kuat
Penggunaan TI dalam mengimplementasikan 5 Strategi kompetitif dasar
    • Biaya Yang Lebih rendah :
      • Gunakan TI untuk mengurangi secara mendasar biaya proses bisnis
      • Gunakan TI untuk menurunkan biaya pelanggan atau pemasok
    • Diferensiasi : 
      • Gunakan berbagai fitur TI untuk memfokuskan diri pada segmen pasar yang dipilih
    • Inovasi
      • Buat produk dan jasa baru yang memasukkan berbagai komponen TI
    • Mendukung Pertumbuhan
      • Gunakan TI untuk mengelola perluasan bisnis secara regional & global
    • Kembangkan Persekutuan
      • Gunakan TI untuk membuat Perusahaan Virtual yang terdiri dari para mitra bisnis

Penggunaan Strategis dari Tehnologi Informasi

  • Mengembangkan Sistim Informasi antar perusahaan yang menciptakan kenyamanan dan efisiensi dapat mengalihkan perhatian dari biayabiaya yang terkait  dengan pelanggan atau para penyalur.
  • Melakukan Investasi dalam aplikasi IT yang lebih maju (advance) akan membangun penghalang bagi masuknya pesaing baru.
  • Mengikut sertakan komponen IT didalam produk dan jasa akan membuat persaingan dari produk atau jasa pengganti menjadi lebih sukar.
  • Menyeimbangkan Investasi dalam orangorang, perangkat keras, perangkat lunak, database, dan jaringan, serta merubah penggunaan Sistem Informasi dari hanya menunjang kegiatan operasional menjadi penggunaan aplikasi secara strategis


RANTAI NILAI
  • Konsep Rantai Nilai yang dikembangkan oleh Michael Porter memandang suatu perusahaan sebagai rangkaian dari aktivitas dasar (" rantai") yang menambahkan nilai kepada produk dan jasanya untuk mendukung pencapaian suatu margin keuntungan . Di dalam konsep rantai nilai,beberapa aktivitas bisnis adalah merupakan aktivitas utama sedangkan aktivitas yang lain merupakan pendukung. Untuk masing-masing aktifitas, peran dari Sistim Informasi Strategis (SIS) akan memberikan kontribusi yang berarti dalam mendukung kontribusi setiap aktifitas tersebut kepada rantai nilai yang ada :
  • Sistim Informasi Strategis: adalah Sistim Informasi yang mendukung kegiatan operasi atau Proses Manajemen yang melengkapi perusahaan dengan produk dan jasa strategis, serta kemampuan untuk menciptakan keunggulan dalam bersaing

  • Proses Pendukung : menciptakan infrastruktur internal untuk menyediakan dukungan bagi pekerjaan yang khusus dari aktivitas utama: 
    • Manajemen dan Bantuan Layanan Administrasi. Peran Kunci dari SIS disini adalah dalam otomatisasi Sistem Perkantoran.
    • Manajemen Sumber Daya Manusia. peran SIS berupa Database Ketrampilan Karyawan.
    • Pengembangan Teknologi. peran SIS : Merancang/Disain dengan bantuan Komputer
    • Pengadaan Sumber daya. peran SIS : Pertukaran data secara elektronik dengan para penyalur.

Proses Utama. Proses ini memberikan kontribusi secara langsung dalam proses perubahan bentuk (transformasi) pada perusahaan :
    • Logistik ke dalam/Pengadaan. peran SIS : Sistem pergudangan yang diotomatisasikankan, menjaga agar barang selalu tersedia pada saat diperlukan (Just in time).
    • Operasi/Pengolahan. peran SIS : Sistem Pabrikasi atau produksi dengan bantuan Komputer.
    • Logistik keluar /Pengeluaran. peran SIS: Pemasukan Data secara Online.
    • Pemasaran dan Penjualan. peran SIS : Analisis Pasar.
    • jasa/Layanan. peran SIS: Sistem Diagnostik tenaga ahli.
  • 6 Karakteristik dalam Perusahaan Virtual :

    1. Kemampuan beradaptasi: Mampu menyesuaikan diri terhadap suatu perubahan yang cepat  sesuai dengan lingkungan bisnis. Selanjutnya Perusahaan maya harus mengurangi proses yang bersamaan waktu (concept-to-cash) melalui kegiatan berbagi (sharing).
    2. Oportunisme: Menciptakan, mengoperasikan danmenghancurkannya setelah memanfaatkan peluang bisnis yang nampak tersebut. Mereka harus memperoleh akses ke pasar yang baru dan pasar bersama atau ke  pelanggan yang setia, serta meningkatkan fasilitas dan pemenuhan pasar.
    3. Keunggulan: Memiliki keunggulan kelas dunia dalamkemampuan inti yang diperlukan. Kemampuan ini harus secara terus menerus terhubung melalui penggunaan Teknologi Internet.
    4. Teknologi: Menyediakan teknologi informasi kelas dunia dan teknologi lain yang diperlukan untuk semua bentuk solusi bagi pelanggan. Mereka harus beralih dari menjual produk menjadi menjual solusi.
    5. Tanpa Batas: Dengan mudah menyatukan seluruh sumber daya dan kemampuan mitra bisnis secara terbuka kedalam suatu solusi bagi pelanggan yang terintegrasi.
    6.  Berdasarkan kepercayaan: Sesama anggota saling percayamempercayai dan menampilkan       kepercayaan secara timbal balik dalam hubungan    bisnisnya. Mereka harus berkeinginan berbagi infrastruktur dan resiko.
RINGKASAN

  1. Sistim informasi dapat memainkan beberapa peran strategis di dalam bisnis.
  2. Internet, intranets, extranets, dan teknologi lain yang berbasiskan Internet dapat  digunakan secara strategis untuk e-business dan ecommerce dan memberikan keunggulan bersaing bagi perusahaan.
  3. Suatu kunci penggunaan Teknologi Internet yang strategis adalah membangun suatu perusahaan e-business yang dapat meningkatkan nilai bisnisnya dengan strategi yang terpusat pada pemberian nilai tambah kepada pelanggannya

IT adalah suatu ramuan utama dalam rekayasa ulang proses bisnis, dengan melakukan
perubahan secara radikal proses bisnis, yang secara dramatis dapat meningkatkan daya guna dan tepat guna perusahaan.
IT dapat secara strategis digunakan untuk meningkatkan kinerja bisnis.
Suatu perusahaan dapat menggunakan IT untuk membantu mereka menjadi suatu perusahaan yang tangkas, yang dapat menjawab dengan cepat perubahan dalam lingkungannya .

Pembentukan suatu perusahaan maya telah menjadi strategi bersaing yang
penting dalam pasar global yang dinamis saat ini.

Keunggulan bersaing yang kekal saat ini hanya dapat muncul dari penggunaan
yang inovatif dan manajemen pengetahuan yang terorganisasi baik oleh perusahaan dan organisasi pembelajaran.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar